ANALISIS KESIAPAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN MOJOREJO 01 KOTA BATU

Main Author: ARMYLASARI, DEAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21461/1/jiptummpp-gdl-deanarmyla-40469-1-pendahul-_.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21461/2/jiptummpp-gdl-deanarmyla-40469-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21461/
Daftar Isi:
  • Perubahan kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 menuntut guru untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi kurikulum baru. Fakta di lapang menunjukkan guru masih memiliki sejumlah kendala. Hal ini menunjukkan bahwa guru masih belum memiliki kesiapan yang cukup untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan guru pada pelaksanaan kurikulum 2013, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas I, II, IV, V dan kepala sekolah SDN Mojorejo 01 Batu. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik skala dengan mengikuti model skala likert, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa skala digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara digunakan untuk mengumpulkan data kesiapan guru, kendala, dan upaya yang dilakukan guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang terkait dengan kesiapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil skor skala, guru memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda. Tingkat kesiapan guru kelas I sedang, tingkat kesiapan guru kelas II rendah, tingkat kesiapan guru kelas IV sangat tinggi, dan tingkat kesiapan guru kelas V tinggi. (2) kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 meliputi, keterbatasan informasi tentang kurikulum 2013 yang menyebabkan keterbatasan pengetahuan guru, keterbatasan media pembelajaran kurikulum 2013, perbedaan tingkat kemampuan siswa yang mencolok. (3) upaya yang dilakukan guru untuk mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013 adalah mengikuti seminar atau workshop, hal ini bertujuan agar guru memperoleh informasi lebih banyak sehingga mampu melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 sesuai dengan ketentuan. Selain hal tersebut, guru mencari media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013, dan mencoba menggabungkan satu media dengan media lain sehingga sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013.