PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS III SDN TEMAS 01 KOTA BATU
Main Author: | RAMAWATI, DEVINA CICI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21457/1/jiptummpp-gdl-devinacici-40471-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21457/2/jiptummpp-gdl-devinacici-40471-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21457/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa dalam proses belajar mengajar, siswa cenderung kurang termotivasi dalam belajar karena proses pembelajaran yang monoton karena tidak melibatkan siswa secara langsung. Proses belajar yang tidak baik dan kurangnya persiapan guru dalam menyampaikan materi juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan model pembelajaran inkuiri dengan metode konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Temas 01 Kota Batu, dan (2) penggunaan model pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group. Populasi penelitian seluruh siswa kelas III di SDN Temas 01 Kota Batu, sedangkan sampelnya yaitu kelas III-A 34 siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas III-B 34 siswa menggunakan metode konvensional. Analisis uji normalitas dan homogenitas menggunakan nilai selisih antara nilai pretes dan nilai postes kedua kelas untuk mengetahui data berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji t menggunakan nilai selisih antara nilai pretes dan nilai postes kedua kelas. Kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh rata-rata 92,352 terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional dengan rata-rata 75,882. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional.