ANALISIS POTENSI KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN MIND MAPPING PADA SETTING PEMBELAJARAN INKLUSI DI KELAS V SDN JUNREJO 1 BATU

Main Author: LAILA, YENIK KHOLIFATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21453/1/jiptummpp-gdl-yenikkholi-41516-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21453/2/jiptummpp-gdl-yenikkholi-41516-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21453/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran yang selalu bertumpu pada pengembangan kemampuan kognitif matematik dan linguistik serta kurang adanya fasilitas bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial di SDN Junrejo 1 Batu sehingga perlu adanya alternatif pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus dalam setting kelas inklusi, dan (2) mengetahui tahapan perkembangan potensi kecerdasan visual spasial anak berkebutuhan khusus menggunakan teknik mind mapping pada setting pembelajaran kelas inklusi di SDN Junrejo 1 Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis. Sebagai sumber data, dipilih peserta didik berkebutuhan khusus di kelas V SDN Junrejo 1 Batu, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2015 dalam dua tahap, yaitu tahap pengambilan data hasil belajar dan tahap penambahan data. Tahap pengambilan data dilaksanakan pada tiga tahap, sedangkan tahap penambahan data dilakukan oleh peneliti dalam dua tahap, dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) sekolah menerapkan metode pendekatan PAKEM, pendekatan individual dan pendekatan hati nurani dengan senantiasa mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, (2) penggunaan mind mapping dalam pembelajaran memperoleh hasil terdapat peningkatan berkisar dari 1-7 point dari score disetiap item pada setiap tahapan. hasil identifikasi memperoleh data sebagai berikut, 2 peserta didik yang teridentifikasi memiliki kecerdas visual spasial karena memenuhi 5 dari 10 kriteria, terdapat 6 peserta didik yang belum memilki kecerdasan visual spasial antara lain 3 peserta didik memiliki 4 kriteria, 1 peserta didik memilki 3 kriteria, 2 yang memiliki 2 kriteria yang ada. Saran yang diajukan dari hasil penelitian ini antara lain, sebagai acuan dalam melihat tingkat perkembangan pemahaman pengetahuan dari kecerdasan visual spasial peserta didik berkebutuhan khusus, dan dalam penelitian ini mind mapping belum dikatakan efektif sebagai startegi pembelajaran untuk peserta didik ABK ketunaan autis serta pola pembimbingan yang menggali pemahaman peserta didik berkebutuhan khusus