PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN TEMA BERBAGAI PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN NGAGLIK BLITAR

Main Author: PRIMASARI, DINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21452/1/jiptummpp-gdl-dinaprimas-40474-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21452/2/jiptummpp-gdl-dinaprimas-40474-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21452/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Ngaglik III Blitar menunjukkan bahwa kesulitan yang sering dialami oleh guru di antaranya waktu yang relatif kurang dalam pembelajaran tematik, guru juga masih terkendala dalam penyediaan media pembelajaran karena harus menyesuaikan dengan kurikulum baru yakni kurikulum 2013. Oleh karena itu perlu diterapkan metode dan media yang sesuai dalam penelitian ini. Peneliti memilih untuk menggunakan media gambar dengan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tema berbagai pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media gambar dalam proses belajar kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Ngaglik III, (2) menganalisis peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Ngaglik III Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Ngaglik III Blitar. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, studi dokumen dan tes. Data dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Keterlaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dalam penerapan media gambar pembelajaran kooperatif tipe STAD berlangsung dengan baik pada siklus I dan siklus II. Adapun prosentase aktivitas belajar siswa siklus I mencapai 58%, dan siklus II mencapai 83%.Sedangkan prosentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 50% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 83,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi berbagai pekerjaan.