PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN LEMAHBANG I KABUPATEN PASURUAN

Main Author: HANDAYANI, DWI RIZKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21450/1/jiptummpp-gdl-dwirizkiha-40475-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21450/2/jiptummpp-gdl-dwirizkiha-40475-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21450/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari permasalahan belajar siswa di SDN Lemahbang I Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III SDN Lemahbang I Kabupaten Pasuruan, ditemukan bahwa hasil belajar matematika masih rendah, hal ini diperkuat oleh nilai ulangan harian yang masih rendah. Penyebabnya yaitu: (a) siswa mengalami kesulitan untuk mengurutkan dan menentukan letak bilangan, (b) ceramah menjadi pilihan utama metode belajar, (c) media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat. Sebab itu digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan yang dapat membuat siswa aktif mencari penyelesaian masalah dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain, sehingga masing-masing siswa lebih menguasai materi dan mempunyai tanggung jawab antar anggota kelompoknya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dengan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 9 siswa (60%) yang mengalami peningkatan menjadi 13 siswa (86,6%) pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi letak bilangan pada garis bilangan.