PENGEMBANGAN MEDIA KARTU UNO PLUS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR
| Main Author: | ARSYAD, ERHANUDIN |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
, 2015
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21445/1/jiptummpp-gdl-erhanudina-40477-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21445/2/jiptummpp-gdl-erhanudina-40477-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21445/ |
Daftar Isi:
- Sistem pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran penting guru dan peserta didik dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditentukan oleh kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tema indahnya negeriku sub tema keindahan alam negeriku diketahui media yang digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu buku teks, papan tulis dan lingkungan sekitar. Media dua dimensi yang hanya berupa papan tulis dirasa belum efektif karena membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan. Permasalahannya adalah guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan pengembangan media kartu Uno Plus dalam pembelajaran tematik tema indahnya negeriku sub tema keindahan alam negeriku untuk kelas IV Sekolah Dasar, dan (2) Menjelaskan respon siswa terhadap pengembangan media kartu Uno Plus dalam pembelajaran tematik tema indahnya negeriku sub tema keindahan alam negeriku untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk tahap akhir dan produksi massal. Akan tetapi, keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini berhenti sampai tahap kesembilan yaitu tahap revisi produk tahap akhir. Berdasarkan penelitian, pengembangan media kartu Uno Plus terbagi menjadi beberapa langkah pokok, yaitu studi pendahuluan. Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengembangan desain, validasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Media kartu Uno Plus merupakan media pembelajaran tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBDK dan Matematika. Di dalam media kartu Uno Plus membahas tentang kemampuan bercerita, mengetahui teknologi tradisional dan modern, hubungan masyarakat sekitar tempat keindahan alam Indonesia, menggambar berdasarkan tema dan operasi hitung bilangan desimal. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase 90,7% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 91,6% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli pembelajaran tematik SD menunjukkan persentase 96,6% dengan kriteria sangat valid. Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 6 siswa kelas IV SDN Tambaksari 1 Pasuruan dengan persentase respon positif sebanyak 98,7%, sedangkan ujicoba kelompok besar kepada 10 siswa kelas IV SDN Tambaksari 1 Pasuruan menunjukkan persentase sebesar 98,6%. Berdasarkan hasil keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu Uno Plus dalam pembelajaran tematik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Tambaksari 1 Pasuruan.
