ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 MALANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL JIGSAW

Main Author: JABNABILLAH, FARADIBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21440/1/jiptummpp-gdl-faradibaja-40575-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21440/2/jiptummpp-gdl-faradibaja-40575-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21440/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa secara lisan pada model pembelajaran Jigsaw, 2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi siswa secara tulisan pada model pembelajaran Jigsaw, dan 3) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran Jigsaw. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Malang pada tanggal 30 Oktober – 8 November. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan atau proses komunikasi siswa dan kemandirian belajar siswa melalui model Jigsaw. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 25 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil kemampuan komunikasi lisan pada kelompok ahli dan asal yang menunjukkan hasil komunikasi lisan kelompok asal lebih baik daripada kelompok ahli. (2) Pada kemampuan komunikasi tulisan terdapat peningkatan hasil yang menunjukkan kemampuan komunikasi tulisan pada tes kedua lebih baik daripada tes pertama. (3) Terdapat komponen yang bisa meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, komponen tersebut terdapat pada indikator tingkat sadar diri, tingkat individu, dan tingkat mandiri.