PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA “KEGIATAN” MENGGUNAKAN MODEL TPS (THINK PAIR SHARE) DAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN KEJAPANAN IV
Main Author: | ANGGRAINI, KURNIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21431/1/jiptummpp-gdl-kurniaangg-40580-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21431/2/jiptummpp-gdl-kurniaangg-40580-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21431/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon pada kelas III SDN Kejapanan IV pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. 2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Kejapanan IV setelah dilakukan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. 3) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika dan Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Kejapanan IV setelah dilakukan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dari dengan proses kemampuan mendeteksi penyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, namun untuk melengkapi data juga digunkaan data kualitatif. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik tema “Kegiatan” menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dan Bahasa Indonesia siswa kelas III. Rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 56.62% yang mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 70.73%. Sedangkan peningkatan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 56% (15 siswa ) yang mengalami peningkatan menjadi 81% (21 siswa) pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa kombinasi pembelajaran tematik dengan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III.