ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN WAJAK 5 KABUPATEN MALANG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Main Author: ANANI, MASRIFATIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21425/1/jiptummpp-gdl-masrifatin-40583-1-a.penda-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21425/2/jiptummpp-gdl-masrifatin-40583-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21425/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya kesulitan mengeja kata-kata dalam belajar membaca permulaan dan pembelajaran tematik pada siswa kelas 1 di SDN Wajak 05 Kabupaten Malang. Guru dalam pembelajaran mengajar belum mempersiapkan rencangan pelaksanaan pembelajaran pada kelas 1 di SD tersebut. Berdasarkan pemaparan penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi bagaimana bentuk, faktor-faktor dan penanganan kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik dengan menganalisis untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada di lapangan sehingga informasi yang diperoleh dapat dipergunakan dalam mendidik peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, faktor-faktor dan upaya penanganan kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan berperan sebagai observer partisipasi pasif dan pengumpulan data di lapangan mulai dari proses awal penelitian sampai dengan akhir penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik yang sesuai dengan kesulitan belajar yaitu perkembangan bahasa yang lambat, rendahnya koordinasi motorik, gangguan pemusatan perhatian, kekurangan persepsi visual, kekurangan persepsi visual motor, kekurangan persepsi auditor, rendahnya kemampuan mengingat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik yaitu tidak mengenyam pendidikan Taman Kanak-kanak, kondisi kelas yang tidak memungkinkan, kurangnya perhatian siswa terhadap guru, dan kemampuan memusatkan perhatian. penanganan yang dilakukan guru SDN Wajak 05 Kabupaten Malang yaitu menggunakan media kartu huruf, memberikan kesempatan siswa kesulitan belajar membaca membacakan hasil pekerjaannya, memberikan waktu khusus untuk membimbing.