PENGEMBANGAN MEDIA PAPEGA (PAPAN PETAK BERGAMBAR) PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI KELAS IV SD

Main Author: WAKHID, ABDURRAHMAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21423/1/jiptummpp-gdl-abdurrahma-38943-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21423/2/jiptummpp-gdl-abdurrahma-38943-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21423/
Daftar Isi:
  • Penggunaan media pembelajaran tematik di kelas IV SD belum banyak diterapkan oleh guru, media yang digunakan hanya mencakup satu mata pelajaran saja. Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh data bahwa media yang digunakan guru belum dapat menunjang dalam pembelajaran tematik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian pengembangan media pembelajaran tematik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dan dengan uji coba pada peserta didik. Model yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Langkah-langkah model (R & D) adalah sebagai berikut. Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi para ahli, ditandai dengan prosentase nilai yang mencapai 90,9% oleh ahli media, 93,3% oleh ahli materi, dan 86,9% oleh ahli pembelajaran. Uji coba kelompok kecil diperoleh hasil prosentase mencapai 95%, dan 91,9% pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media papega mendapat respon positif dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran tematik kelas IV SD.