PENGEMBANGAN LKS TERINTEGRASI MATERI PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA UNTUK KELAS V SD/MI
Main Author: | MAULIDA, DITA AYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21413/1/jiptummpp-gdl-ditaayumau-39024-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21413/2/jiptummpp-gdl-ditaayumau-39024-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21413/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA masih rendah. Dari kriteria ketuntasan minimal 85, masih ada sekitar 30% siswa yang nilainya kurang. Pengamatan yang telah dilakukan oleh guru bahwa rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh bahan ajar. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan pada manusia untuk kelas V SD/MI, (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan pada manusia untuk kelas V SD/MI, dan (3) aktivitas belajar setelah menggunakan pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan pada manusia untuk kelas V SD/MI. Penelian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R & D. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas V SDN KAUMAN 2 Kota Malang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2014 dalam dua tahap, yaitu tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 15 siswa kelas V SDN KAUMAN 2 Kota Malang, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada 33 siswa kelas V SDN KAUMAN 2 Kota Malang, masing-masing terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan pada manusia untuk kelas V SD/MI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. (2) pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan pada manusai untuk kelas V SD/MI dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang semula hanya 70% siswa yang tuntas meningkat menjadi 87%. Pengembangan LKS terintegrasi materi pencernaan makanan untuk kelas V SD/MI disarankan untuk dipergunakan sebagai bahan ajar cetak dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun pada bimbingan belajar.