PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABUNG PECAHAN PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN UNTUK KELAS V SD

Main Author: WULANDARI, EKA DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21408/1/jiptummpp-gdl-ekadwiwula-39025-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21408/2/jiptummpp-gdl-ekadwiwula-39025-2-babifix.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21408/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis kebutuhan diketahui bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran Matematika adalah kartu bilangan dan papan ajaib. Media dua dimensi yang hanya berupa papan ajaib dirasa kurang efektif karena siswa masih belum aktif dan cepat merasa bosan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dan dengan ujicoba pada siswa. Model yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Langkah-langkah model (R & D) adalah sebagai berikut. Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validasi para ahli, ditandai dengan presentase nilai yang mencapai 91,1% oleh ahli media, 100% oleh ahli materi, dan 90,5% oleh ahli pembelajaran. Ujicoba kelompok kecil diperoleh hasil prosentase mencapai 87,5% dan pemahaman siswa yang diujikan dengan tes menunjukkan presentase 83,8%. Ujicoba kelompok besar di peroleh hasil presentase mencapai 93,9% dan pada pemahaman siswa yang diujikan dengan tes menunjukkan presentase 93,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media tabung pecahan mendapat respon positif dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar di kelas V SD.