PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS 2 DI SDM 8 KH.MAS MANSUR MALANG
Main Author: | SAIDAH, NUR LATHIFAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21407/1/jiptummpp-gdl-nurlathifa-40589-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21407/2/jiptummpp-gdl-nurlathifa-40589-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21407/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 8 KH.Mas Mansur Malang pada mata pelajaran tematik. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah Kurangnya varian model atau metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bervariasi dan dapat meningkatkan peran serta siswa dalam pembelajaran, maka harus dirancang dan dibangun suasana kelas sedemikian rupa, sehingga siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi satu dengan yang lain. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT. Pembelajaran ini menggunakan kelompok kelompok kecil sehingga siswa saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaraan. Siswa dalam kelompok kooperatif berdiskusi, saling membantu, dan mengajak satu sama lain untuk mengatasi masalah besar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 7 subtema 2 kelas 2 di SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang tahun 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Subyek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang yang berjumlah 33 siswa. Manfaat penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung untuk melengkapi data kualitatif digunakan juga data kuantitatif berupa hasil belajar siswa melalui tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 sebesar 33.7%, dengan kategori tuntas. Aktivitas siswa sebesar 57,33%dengan kategori baik. kemudian pada siklus II ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat menjadi 59.3% dengan kategori tuntas. Sedangkan Aktivitas siswa meningkat sebesar 76,21% dengan kategori sangat baik.Berdasarkan indikator penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 7 subtema 2 kelas 2 materi “Merawat Hewan” di SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Malang.