ANALISIS PENGEMBANGAN INDIKATOR PEMBELAJARAN DALAM BUKU GURU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV

Main Author: BUDIARTI, ALFI INDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21404/1/jiptummpp-gdl-alfiindahb-39051-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21404/2/jiptummpp-gdl-alfiindahb-39051-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21404/
Daftar Isi:
  • Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2006 (KTSP). Perbedaannya adalah pada kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan silabus, buku guru, buku siswa, dan standar yang mendampingi kurikulum 2013, sehingga dalam proses pembelajaran guru tinggal mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Disisi lain, indikator pembelajaran yang seharusnya dibuat oleh guru, pada kurikulum 2013 indikator pembelajaran juga telah dibuat oleh tim penyusun buku yang dibentuk oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan: (1) bagaimana pemetaan kompetensi dasar dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2, (2) bagaimana perumusan indikator pembelajaran dalam buku guru tematik terpadu kelas IV cetakan ke 2, dan (3) bagaimana pengembangan indikator pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas IV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi pada buku guru tematik terpadu kelas IV dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Mojolangu 1 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemetaan kompetensi dasar dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2 menunjukkan bahwa masih banyak KD yang tidak muncul pada pembelajaran, (2) perumusan indikator pembelajaran dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2 menunjukkan bahwa masih terdapat indikator yang belum sesuai dengan kriteria perumusan indikator, dan (3) pengembangan indikator pembelajaran oleh guru kelas IV di SDN Mojolangu 1 Malang dilakukan dengan menganalisis indikator-indikator pembelajaran dalam buku guru, di mana proses analisis indikator tersebut dilakukan setiap semester. Hasil penelitian ini disarankan untuk dipergunakan sebagai masukan dalam pengembangan indikator pembelajaran yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.