PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN PERMAINAN PAPAN CERDAS PADA MATERI UNSUR DAN SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA SISWA KELAS III SDN SUMBEREJO 03 BATU

Main Author: AMELIA, RIZKY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21388/1/jiptummpp-gdl-rizkyameli-40596-1-pendahul-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21388/2/jiptummpp-gdl-rizkyameli-40596-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21388/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini diawali dari hasil observasi sebelum penelitian, terdapat adanya beberapa permasalahan yang dialami siswa kelas III SDN Sumberejo 03 Batu. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami sifat-sifat dari bangun datar. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas adalah mendengar ceramah dari guru, pemberian tugas dan pekerjaan rumah saja, sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Suasana pembelajaran dikelas juga belum kondusif karena banyak anak yang ramai sendiri atau bergurau dengan teman sebangkunya, akibatnya siswa kurang memahami materi dan hanya menggunakan hafalan saja. Selain itu ketika dalam melakukan proses pembelajaran tidak ada media yang menunjang sehingga membuat mereka bosan karena tidak ada keaktifan belajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model example non example dan permainan papan cerdas pada materi unsur dan sifat bangun datar sederhana siswa kelas III SDN Sumberejo 03 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan menggunakan bentuk rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (a) pembentukan kelompok, (b) memberikan petunjuk siswa untuk menganalisa gambar, (c) mencatat hasil diskusi dari analisa gambar, (d) membacakan hasil diskusinya, (e) siswa menanggapi temannya, (f) guru menjelaskan materi, (g) melakukan permainan papan cerdas, dan (h) kesimpulan secara bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran example non example dan permainan papan cerdas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil evaluasi aspek kognitif diketahui bahwa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 60% sedangkan siklus II ketuntasan belajar mencapai 93,3%. Pada aspek afektif pada siklus I mencapai 66,6% dan pada siklus II 91,07%. Pada aspek psikomotor pada siklus I mencapai 73,3% dan pada siklus II 93,3%. Hal ini menunjukkan bahwa melalui model example non example dan permainan papan cerdas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberejo 03 Batu.