PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SISWA KELAS V SDN AMPELDENTO 02 KABUPATEN MALANG

Main Author: ROBENSI, ROYEN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21387/1/jiptummpp-gdl-royenroben-39068-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21387/2/jiptummpp-gdl-royenroben-39068-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berangkat dari adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V di SDN Ampeldento 02 Kabupaten Malang pada matapelajaran IPS khususnya dalam materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Siswa merasa kesulitan dalam mengingat materi pembelajaran tersebut sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang banyak belum memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Selain itu, dalam pembelajaran guru kurang menggunakan metode yang sesuai untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran.Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana penerapan dan peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui metode guided note taking pada siswa kelas V SDN Ampeldento 02 Kabupaten Malang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan peningkatan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas V SDN Ampeldento 02 Kabupaten Malang. Dalam upaya mencapai tujuan penelitian tersebut, digunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ampeldento 02 Kabupeten Malang, semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian berdasarkan evaluasi. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik sederhana yaitu dengan menambahkan skor soal pilihan ganda dengan esay kemudian dibagi dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil evaluasi pembelajaran IPS yang diketahui nilai rata-rata mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 47%, dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 94%. Sehingga dapat dikatakan presentase ini sudah melebihi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu antara 70-84% (kategori baik). Hasil kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode guided note taking dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya.