PENGEMBANGAN MEDIA PENYUSUN KATA ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN KELAS II SDN JUNREJO 01 KOTA BATU
Main Author: | SAROH, SITI MEI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21382/1/jiptummpp-gdl-sitimeisar-40599-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21382/2/jiptummpp-gdl-sitimeisar-40599-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21382/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran yang baik salah satunya adalah memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Media pembelajaran yang digunakan sudah bervariasi tetapi penggunaannya masih dalam bentuk satuan pembelajaran, sehingga menyebabkan pembelajaran kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di Sekolah Dasar, dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran tematik khususnya untuk anak lamban belajar (slow learner) yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara pendidik dan peserta didik agar tercipta proses pembelajaran tematik yang bermakna dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media penyusun kata dalam pembelajaran tematik kelas II SD khususnya untuk anak lamban belajar dari jenis media tiga dimensi dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 10 tahap pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir dan produksi massal. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, penelitian ini berhenti sampai tahap kesembilan yaitu tahap revisi produk tahap akhir. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media penyusun kata menunjukkan persentase 90,77% dengan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 95%. Hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran tematik dengan persentase 95% dengan kriteria sangat valid. Selain itu hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 10 siswa kelas IIA SDN Junrejo 01 dengan persentase respon positif peserta didik sebanyak 93,75%, sedangkan ujicoba kelompok besar pada 20 siswa kelas IIA dan IIB SDN Junrejo 01 menunjukkan persentase sebanyak 98,75%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media penyusun kata anak lamban belajar dalam pembelajaran tematik dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran tematik di kelas II SDN Junrejo 01.