PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA KELAS V SDN MOJOLANGU 2 MALANG

Main Author: NINGSIH, ARFI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21371/1/jiptummpp-gdl-arfiningsi-39109-2-isibabi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21371/2/jiptummpp-gdl-arfiningsi-39109-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21371/
Daftar Isi:
  • Upaya yang dilakukan untuk menciptakan generasi baru yang unggul dan berkarakter dengan mengemb angkan progam studi yang berkarakter. Pendidikan karakter sangat cocok diimplementasikan dalam kegiatan ekstarkurikuler pramuka, kegiatan tersebut bisa menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat peserta didik SDN Mojolangu 02 Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka pada kelas V SDN Mojolangu 02 Malang, dan faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka kelas V SDN Mojolangu 02 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui ektrakurikuler pramuka kelas V SDN Mojolangu 02 kota Malang. Mengetahui dan mendiskripsikan hambatan apa saja yang terjadi didalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka kelas V SDN Mojolangu 02 kota malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Lokasi penelitian adalah SDN Mojolangu 02 malang. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu Sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data tersebut berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurilkuler pramuka kelas V SDN Mojolangu 02 Malang, pada tahap perencanaan pembina hanya membuat program perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam bentuk catatan buku dengan mengimplementasikan pendidikan karakter yang sesuai dengan kegiatan tersebut. Pada tahap pelaksanaannya pendidikan karakter dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang sedang berlangsung, mulai dari kegiatan awal sampai pada kegiatan akhir. Dan pada tahap evaluasi, tidak dilakukan evaluasi pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Nilai karakter dalam kegiatan tersebut hanya dikembangkan dan ditanamkan agar menjadi kepribadian baik dalam diri siswa. Pada penelitian ini terdapat faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka yaitu; faktor yang berasal dari pembina pramuka yang kurang memperhatikan siswanya yang sedang bermain sendiri maupun berbicara sendiri, dan faktor dari dalam diri siswa, yaitu banyak siswa yang tidak memakai atribut kelengkapan pramuka, dan masih banyak siswa yang kurang disiplin dan patuh terhadap pembina pramuka.