ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN SUBTEMA LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU KELAS I DI SDN SISIR 01 KOTA BATU

Main Author: MUCHTAR, UMAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21365/1/jiptummpp-gdl-umarmuchta-40604-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21365/2/jiptummpp-gdl-umarmuchta-40604-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21365/
Daftar Isi:
  • Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap guru kelas I SDN Sisir 01kota Batu diketahui bahwa siswa masih membutuhkan penyesuaian dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendekatan saintifik dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran tema lingkungan subtema lingkungan sekitar rumahku pada siswa kelas I SDN Sisir 01kota Batu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan yaitu triangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran masih banyak kekurangan seperti penyusunan RPP dan media kurang menarik yang membuat proses pembelajaran belum berjalan secara maksimal (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendekatan saintifik masih banyak. Kendala banyak datang dari siswa yang masih belum bisa dikondisikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga suasana belajar menjadi tidak kondusif (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada yakni dengan memberikan teguran tegas kepada siswa yang membuat suasana kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif.