PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMA 4 KELAS V DI SDN BLIMBING III MALANG
Main Author: | ALVIANITA, DESY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21361/1/jiptummpp-gdl-desyalvian-39168-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21361/2/jiptummpp-gdl-desyalvian-39168-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21361/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter merupakan sebuah upaya yang dilakukan melalui pembiasaan perilaku sejak dini. Kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, penilitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 kelas V di SDN Blimbing 3 Malang? (2) Apakah faktor pendukung, faktor penghambat, serta hasil pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 kelas V? (3)Upaya apa saja yang dilakukan sekolah dan guru untuk mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 kelas V?. Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karaker dalam pembelajaran Tema 4 kelas V di SDN Blimbing 3 Malang (2) Menjelaskan faktor pendukung, faktor penghambat serta hasil pada pelaksanaan penddikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 kelas V (3) Menjelaskan upaya yang dilakukan guru dan sekolah untuk mengatasi faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 kelas V Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, yang mana peneliti mendeskripsikan hasil penelitian kedalam bentuk kata-kata atau kalimat. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, siswa kelas V SDN Blimbing 3 Malang. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumenter. Tekhnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Tema 4 Kelas V di SDN Blimbing 3 Malang dilaksanakan melalui pembuatan perangkat pembelajaran berkarakter, proses pembelajaran berkarakter, menyampaikan nilai-nilai karakter secara tersirat (2) Faktor yang mendukung diantaranya guru membuat RPP berkarakter, menggunakan media video dan cerita berkarakter, menggunakan metode bervariasi, sedangkan faktor yang menghambat yaitu banyaknya beban belajar sehingga kurang terlaksananya pelaksanaan pendidikan karakter, hasil dari pelaksanaan pendidikan karakter terlihat dari etika baik siswa, dan sikap patuh dan taat kepada guru (3) upaya yang dilakukan sekolah dan guru untuk mengatasi faktor yang menghambat diantaranya pengelolaan kelas yang baik, membuat media berkarakter yang menarik, dan menggunakan metode berkarakter.