ANALISIS PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 3 TUMBUHAN DI SEKITARKU KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH 8 KH MAS MANSUR
Main Author: | ZULAIKHA, YUNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21359/1/jiptummpp-gdl-yunizulaik-40606-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21359/2/jiptummpp-gdl-yunizulaik-40606-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21359/ |
Daftar Isi:
- Upaya untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan sebagaimana tujuan kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 ini menuntut adanya perubahan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik, apa saja kendala pendekatan saintifik, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami dalam pendekatan saintifik pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 kelas I SD Muhammadiyah 8 KH Mas Mansur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif jenis penelitian kualitatif, Data diperoleh dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran. sumber data berasal dari siswa dan guru kelas didukung dengan hasil wawancara, observasi, perencanaan pembelajaran (RPP dan Silabus) dan photo-photo kegiatan pembelajaran pelaksanaan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2015 pada kelas 1 semester genap tahun ajaran 2014/2015. 53 Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan dilakukan dengan merancang kegiatan pembelajaran dalam silabus dan RPP yang memfasilitasi adanya penerapan tahapan 5M pendekatan saintifik. Pada tahap pelaksanaan yaitu Tahapan mengamati siswa disajikan dengan pengamatan terhadap objek gambar dan objek nyata, tahapan menaya siswa disajikan dengan pertanyaan mengapa, apa dan bagaimana, mencoba disajikan dengan percobaan untuk mengumpulkan informasi, tahapan menalar disajkan dengan pemberian tugas untuk memperoleh hasil, tahapan mengkomunikasikan disajikan dengan siswa menulis atau membacakan hasil kerjanya. Penilaian dilakukan dengan menggambil dari penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kendala yang dialami guru keterbatasan waktu menyusun RPP dan sulitnya memunculkan rasa percaya diri siswa. Guru mengalami kendala penilaian karena tidak sesuaian antara kurikulum 2013 yang mengabungkan semua mapel menjadi 1 nilai tetapi penilaian sebenarnya harus dipisah. Upaya yang dilakukan guru memanfaatkan waktu sepulang mengajar untuk membuat RPP dan untuk penilaian memilah sesuai mata pelajaran.