ANALISIS KINERJA GURU KELAS I DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU
Main Author: | HIMMAH, FINA VAIQOTUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21324/1/jiptummpp-gdl-finavaiqot-39173-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21324/2/jiptummpp-gdl-finavaiqot-39173-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21324/ |
Daftar Isi:
- Menjadi seorang guru merupakan profesi yang komplek dan menantang. Guru harus bisa menerapkan pembelajaran di kelas setiap ada perubahan kurikulum baru. Masalah kinerja guru terlihat dalam perencanaan pembelajaran dimana masih ada guru yang belum membuat persiapan pembelajaran. Selain itu kinerja guru juga terlihat dalam pelaksanaan pembelajaran yang belum dapat mengefektifkan pembelajaran di kelas. Guru sedikit kesulitan dalam pelaksanaan penilaian karena harus menilai dan mengamati siswa satu persatu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kinerja guru kelas I dalam pembelajaran Tematik Terpadu di SD Muhammadiyah 4 Batu, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru kelas I dalam pembelajaran tematik terpadu di SD Muhammadiyah 4 Batu, (3) mendeskripsikan upaya untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru kelas I dalam pembelajaran tematik terpadu di SD Muhammadiyah 4 Batu. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa (1) kinerja guru kelas I pada pembelajaran tematik terpadu dalam perencanaan pembelajaran belum memenuhi standar proses pendidikan dasar. Guru belum mempersiapkan silabus dengan baik serta belum menyusun RPP secara tepat. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam pembelajaran yaitu guru merasa kurang mengikuti pelatihan sebelum penerapan pembelajaran tematik terpadu, guru kesulitan dalam mengkondisikan siswa yang mempunyai tingkat kehawatiran tinggi dan selalu didampingi orang tua ketika proses pembelajaran, serta sarana dan prasaran dalam pembuatan media. (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru yaitu guru mengikuti pelatihan lagi, untuk mengatasi siswa guru menyampaikan kepada orang tua agar tidak lagi mendampingi siswa ketika proses pembelajaran, kemudian untuk sarana dan prasarana mengingatkan kepada siswa yang belum membayar iuran mingguan agar segera membayar.