Analisis Penggunaan Media Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Kelas V Di Gugus 7 Kota Malang

Main Author: WUNNIA, HENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21318/1/jiptummpp-gdl-heniwunnia-39175-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21318/2/jiptummpp-gdl-heniwunnia-39175-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21318/
Daftar Isi:
  • Guru mempunyai peranan utama pada proses pembelajaran dalam memotivasi siswa agar aktif dan kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal, beberapa sekolah belum secara optimal dalam penggunaan media pada pembelajaran tematik di kelas tinggi yaitu kelas V. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan 1) mendiskripsikan pelaksanaan penggunaan media, 2) mendiskripsikan kendala yang dihadapi guru saat mengunakan media, 3) mendisripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengunakan media pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas V di Gugus 7 Kota Malang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan penggunaan media pada pembelajaran tematik kurikulum 2013 kelas V di gugus 7 Kota Malang telah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran hanya di SDN Rampal Celaket I sedangkan SD Muhammadiyah 9 Malang kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran (2) Kendala-kendala yang muncul dari penggunaan media pembelajaran anatara lain biaya, keterampilan guru, waktu dan tempat dalam penggunaan media (3) Upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi kendala yang muncul dalam pengguanaan media pada pembelajaran tematik yaitu dengan benar-benar memilih media yang ada, guru juga bisa membuat media yang sederhana sesuai dengan materi sehingga guru dapat meminimalkan segala kendala dengan kemampuan yang dimiliki guru, dan adanya mitra mengajar dapat bertukar pikiran tentang penggunaan media pembelajaran Saran dari peneliti yaitu pihak sekolah dapat memberikan fasilitas yang optimal untuk pelaksanaan penggunaan media pada pembelajaran tematik serta guru sebaiknya menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang sudah dipersiapkan.