PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA BELANJA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN IPS DI KELAS III SDN KACANGAN 01 TULUNGAGUNG

Main Author: SUSANTO, PRIYO DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21316/1/jiptummpp-gdl-priyodwisu-39176-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21316/2/jiptummpp-gdl-priyodwisu-39176-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21316/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III SDN Kacangan 01 Tulungagung pada waktu pembelajaran tematik tema belanja didapatkan fakta bahwa siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran berlangsung terlihat bahwa siswa kurang berani dalam bertanya dan mengemukakan pendapat. Hasil belajar siswa yang terdahulu juga menunjukkan masih di bawah KKM, diketahui bahwa hasil belajar dari 19 siswa yang mendapat nilai di atas 70 adalah 7 siswa (36,84%), dan sebagian besar mendapat di bawah 70. Hal ini disebabkan guru menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dan belum memanfaatkan sumber belajar mengajar secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik tema belanja menggunakan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil dan aktifitas belajar matematika dan IPS pada materi masalah yang berkaitan dengan uang dan jual beli kelas III SDN Kacangna 01 Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data yang dijadikan acuan untuk mengambil data yang diperlukan dalam penelitian ini antara lain: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) proses pelaksanaan pembelajaran, (3) aktifitas belajar siswa selama pembelajaran, dan (4) hasil tes formatif siswa di setiap akhir siklus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan indikator aktifitas siswa seperti keberanian siswa mengangkat tangan untuk membacakan soal, aktif mengajukan pertanyaan, dan bekerjasama dengan kelompok. Peningkatan rerata aktifitas siswa dari siklus I dengan nilai 62,13 ke siklus II dengan nilai 85,03 sebesar 22,09%. Sedangkan peningkatan hasil belajar mengalami peningkatan dapat dilihat dari hasil tes formatif siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 63 meningkat menjadi dengan nilai 71,78 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 84,21 dengan prosentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 8,76% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,45%, sehingga prosentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 21,21%.