PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS III SDN MOJOLANGU 2 MALANG
Main Author: | NOVIL, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21297/1/jiptummpp-gdl-novil-41747-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21297/2/jiptummpp-gdl-novil-41747-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/21297/ |
Daftar Isi:
- Hasil observasi yang dilakukan di kelas III pada bulan Agustus 2015 di SDN Mojolangu 2 Malang menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru kurangmemberikan unsur variasi dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Mojolangu 2 Malang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes. Penerapan model pembelajaran jigsaw disesuaikan dengan langkah-langkahnya dan menggunakan siklus: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian presentase ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan ranah kognitif pada siklus I sebesar 58,6% dimana terdapat 17 siswa yang telah mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70 dan 12 siswa masih mendapatkan nilai kurang dari atau sama dengan 70. Presentase ketuntasan hasil belajar siklus II mencapai 90%dimana terdapat 26 siswa yang telah mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan nilai 70 dan 2 siswa masih mendapatkan nilai kurang dari atau sama dengan 70. Dari hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II presentase peningkatan hasil belajar diperoleh sebesar 27,4%. Pada siklus I presentase aspek afektif siswa mencapai 58,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga 89%. Peningkatan aspek afektif pada siswa mencapai 27,4%. Sedangkan pada siklus I presentase aspek psikomotor siswa mencapai 58,6%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Peningkatan aspek psikomotor ini mencapai 37,4%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan di kelas III SDN Mojolangu 2 Malang.