ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SDN PURWANTORO 2 MALANG

Main Author: SANTI, NOVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21294/1/jiptummpp-gdl-novitasant-41748-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21294/2/jiptummpp-gdl-novitasant-41748-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21294/
Daftar Isi:
  • Keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran tematik adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru. Variasi pada pembelajaran dimaksudkan agar pembelajaran tidak membosankan dan meningkatkan semangat siswa. Komponen keterampilan mengadakan variasi antara lain variasi dalam gaya mengajar, variasi dalam menggunakan media dan bahan ajar, dan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik kelas II di SDN Purwantoro 2 Malang, (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik kelas II di SDN Purwantoro 2 Malang, dan (3) upaya yang dilakukan guru dalam menghadapai kendala mengadakan variasi pada pembelajaran tematik kelas II di SDN Purwantoro 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SDN Purwantoro 2 Malang dengan pelaksanaan penelitian pada tanggal 18-28 Agustus 2015. Untuk memperoleh data yang objektif, penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakikan dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan yaitu: (1) keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran di kelas II SDN Purwantoro 2 Malang sudah terlaksanakan semua namun guru kurang bervariasi dalam penggunakan media pembelajaran dan sumber belajar, (2) kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik yaitu ruang kelas yang tidak sesuai dengan standar (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengahadapi kendala mengadakan variasi pada pembelajaran tematik antara lain membentuk siswa menjadi berkelompok dan membuat aturan khusus antara siswa dan guru. Peneliti menyimpulkan bahwa guru kelas II di SDN Purwantoro 2 telah menerapkan variasi pada pembelajaran tematik dengan baik.