PENGGUNAAN MEDIA RUMAH HITUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA TEMA DUA “KEGEMARANKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN KANIGORO 2 KABUPATEN MALANG

Main Author: HASANAH, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21292/1/jiptummpp-gdl-nurulhasan-39254-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21292/2/jiptummpp-gdl-nurulhasan-39254-1-bagiand-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21292/3/jiptummpp-gdl-nurulhasan-39254-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilator belakangi dari kesulitan belajar yang dialami siswa kelas II SDN Kanigoro 2 pada tema dua “Kegemaranku”. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti guru terlihat lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh metode ceramah yang dilakukan oleh guru dan tidak ada media yang bervariatif. Diintegrasikan beberapa mata pelajaran menjadi sebuah tema yang membuat siswa kesulitan memahami pembelajaran serta mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media rumah hitung dengan metode demonstrasi dan peningkatan hasil belajar pada tema dua “Kegemaranku”. Penggunaan media rumah hitung yang disertai dengan metode demonstrasi dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam belajar. Siswa belajar tidak hanya mendengar penjelasan dari guru, tetapi juga ikut aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas II SDN Kanigoro 2 tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 20 siswa. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan dengan alokasi waktu satu kali pembelajaran 6x35 menit . Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar dari siklus I siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu sejumlah 10 siswa atau 50% dan siswa yang belum tuntas memenuhi KKM sejumlah 10 siswa atau 50%. Sedangkan hasil belajar siklus II siswa yang tuntas memenuhi KKM sejumlah 16 siswa atau 80% dan siswa yang belum tuntas sejumlah 4 siswa atau 20%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari ketuntasan pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media rumah hitung dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Kanigoro 2.