ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1 SDN BLIMIBING 3 MALANG

Main Author: PUSPITA, DIANITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21287/1/jiptummpp-gdl-dianitapus-39514-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21287/2/jiptummpp-gdl-dianitapus-39514-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21287/
Daftar Isi:
  • Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia berkaitan erat salah satunya dengan proses pembelajaran yang secara operasional dilaksanakan oleh guru di kelas. Pembelajaran yang dilaksanakan guru meliputi dua hal yaitu pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang baik sesuai dengan acuan sepuluh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang ada pada Peraturan Mendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengelolaan kelas yang efektif akan mampu memberikan rasa nyaman bagi siswa untuk berada di dalamnya dan melakukan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang, (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Kota Malang, (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan pengelolaan kelas selama pembelajaran tematik terpadu berlangsung dan juga hasil wawancara diperoleh dari subjek penelitian yaitu guru kelas 1B di SDN Blimbing 3 Malang. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi dan data yang bersifat umum lainnya. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 SDN Blimbing 3 Malang dilaksanakan sesuai dengan acuan sepuluh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang ada pada Peraturan Mendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang yaitu guru atau pendidik, sarana dan prasarana, dan dinamika kelas sedangkan faktor penghambatnya antara lain peserta didik dan kebiasaaan atau lingkungan keluarga.