PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 TEMA 1 SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Main Author: RIYANTI, WURI MAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21271/1/jiptummpp-gdl-wurimayari-41977-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21271/2/jiptummpp-gdl-wurimayari-41977-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21271/
Daftar Isi:
  • Kenyataan yang ada di SD Muhammadiyah 4 Batu guru dalam proses belajar mengajar masih kurang inovatif dalam penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran, serta guru belum pernah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament. Sehingga adanya suatu inovasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berbantuan media flip chart. Hal tersebut menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research atau eksperimen semu. Desain Penelitian yang peneliti lakukan adalah desain Nonequivalent Control Group Design Pretest Posttes. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berbantuan media flip chart, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA SD Muhammadiyah 4 Batu yang terdiri dari 25 siswa, dan kelas VB SD Muhammadiyah 4 Batu yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan soal pre-test, post-test yang diuji validitas, realibilitas, daya pebeda dan tingkat kesukaran. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan teknik uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis data yang dilihat dari perolehan rerata hasil belajar kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berbantuan media flip chart sebesar 81,00, dan kelas dengan model pembelajaran berdasarkan panduan buku guru dan siswa kurikulum 2013 sebesar 64,20 dengan perbedaan rata-rata hasil belajarnya adalah 16,8. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar post-test antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berbantuan media flip chart dan kelas dengan model pembelajaran berdasarkan panduan buku guru dan siswa kurikulum 2013, dalam arti terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media flip chart terhadap hasil belajar siswa kelas V Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar Subtema 2 Perubahan Wujud Benda Pembelajaran 1 di SD Muhammadiyah 4 Batu. Deskripsi Alternatif :