8PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV DI SDN SUMBERSARI III MALANG

Main Author: SUPI’AH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21270/1/jiptummpp-gdl-supiah2010-39525-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21270/2/jiptummpp-gdl-supiah2010-39525-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21270/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada problematika pelaksanaan pembelajaran ABK yaitu ABK masih kurang diperhatikan ketika saat pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) problematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus, (2) penyebab terjadinya problematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan (3) upaya sekolah untuk mengatasi problematika yang terjadi pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini digolongkan dalam jenis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian yaitu 2-4 desember 2014. Sumber data yakni guru kelas IV, guru pembimbing khusus, dan kepala sekolah. Data berupa catatan lapang dan pernyataan guru diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Didukung dokumen berupa RPP dan transkip untuk anak berkebutuhan khusus. Teknis analisis data meliputi reduksi data, data display, dan veryfikasi. Hasil penelitian menunjukan; (1) ketidaksesuaian perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaan; (2) ketidaksesuaian media pembelajaran dengan rencana pelasanaan pembelajaran; (3) kekurangan tenaga kependidikan ABK pendampingan pembelajaran (1) kesulitan menentukan penilaian pada sikap atau tigkah laku; (2) penilaian sesuai dengan kemampuan ABK. Faktor yang menyebabkan problematika terjadi saat pembelajaran meliputi; 1) kemampuan akademik setiap anak berkebutuhan khusus berbeda-beda.2) kurangnya persiapan dalam penggunaan media; 3) keterbatasan guru pembimbing khusus. Kedua faktor yang mempengaruhi prolematika pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus adalah diantaranya; 1) kesulitan untuk mengukur sikap; 2) jenis ABK dan kemampuan akademik ABK berbeda. Upaya sekolah dalam mengatasi problematika meliputi ; 1) membagi kelas menjadi dua sesuai dengan kemampuan; 2) menyesuaikan sumber atau media pembelajaran dengan situasi dan kondisi; 3) guru kelas diharapkan dapat merangkul ABK saat pembelajaran berlangsung. Upaya guru dalam mengatasi problematika penilaian pembeljaaran adalah guru akan melakukan kerja sama dengan guru lain. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa problematika pelaksanaan pembelajaran di kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran ABK masih belum diperhatikan secara baik dan pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.