PENGGUNAAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG DAUR HIDUP HEWAN PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 01 BATU

Main Author: HAZHARI, ALVAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21251/1/jiptummpp-gdl-alvanhazha-42090-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21251/2/jiptummpp-gdl-alvanhazha-42090-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21251/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil survei di SDN Punten 01 Batu ditemukan bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan terkait pemahaman tentang daur hidup hewan yaitu siswa dalam proses pembelajaran kurang aktif, tidak mau mengemukakan pendapat, selain itu siswa cepat merasa jenuh dan bosan, misalnya siswa bercakap-cakap dengan temannya dan bermain-main dengan alat tulisnya. Sehingga dapat diketahui bahwa pemahaman siswa kelas IV SDN Punten 01 Batu masih cukup rendah dan ketuntasan klasikal sering tidak tercapai. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media poster untuk meningkatkan pemahaman tentang daur hidup hewan pada tema peduli terhadap makhluk hidup siswa SDN Punten 01 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Mendeskripsikan penggunaan media poster untuk meningkatkan pemahaman tentang daur hidup hewan pada tema peduli terhadap makhluk hidup 2). Meningkatkan pemahaman dengan menggunakan media poster dalam pembelajaran tentang daur hidup hewan pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SDN Punten 01 Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian siswa kelas IV SDN Punten 01 Batu yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan, dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2015 dalam dua tahap pendahuluan dan tahap tindakan. Tahap pendahuluan melakukan pertemuan awal dengan kepala sekolah dan guru kelas tentang rencana penelitian yang akan dilaksanakan, sedangkan tahap tindakan sesuai alur PTK meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penggunaan media poster untuk meningkatkan pemahaman tentang daur hidup hewan pada tema peduli terhadap makhluk hidup di SDN Punten 01 Batu membuat siswa semakin aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Hal ini ditunjukan dari hasil belajar siswa meningkat dari siklus I (41,17%), siklus II (70,58%) dan siklus III (91,17%) hanya tiga siswa yang belum mencapai KKM.