PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG LINGKAR NUSANTARA PADA BUDAYA KELAS IV SD

Main Author: SUPENDI, DIDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21244/1/jiptummpp-gdl-didinsupen-42092-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21244/2/jiptummpp-gdl-didinsupen-42092-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21244/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat masalah pada pembelajaran IPS yaitu anak didik lebih cenderung pasif sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah SDN Sukomulyo 02 masih minim dan kurang menunjang dalam proses belajar mengajar. Guru kurang mampu memilih dan membuat media pembelajaran IPS, media yang digunakan sebagian besar masih dari buku paket, LKS, media dua dimensi seperti papan tulis dan media gambar yang berupa kartu atau poster, kurangnya sarana dan prasarana, maka sangat diperlukan adanya inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS. Penggunaan media memudahkan guru dengan peserta didik. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan media papan lingkar nusantara dan keefektifannya dalam pembelajaran IPS kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan. 10 tahapan yang perlu peneliti lakukan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa dan uji coba kelompok besar yang berjumlah 25 siswa, produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Akan tetapi penelitian pengembangan ini dilakukan sampai tahapkesembilan yaitu tahap revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan lingkar nusantara ini layak digunakan, dapat dibuktikan dengan perolehan prosentase hasil uji ahli media sebesar 87,6%, ahli materi 96,6%, ahli pembelajaran IPS 95%. Sementara uji coba kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa SDN Sukomulyo 2 Malang didapatkan hasil presentase 91,25%, sedangkan untuk uji coba pemakaian skala besar pada 25 siswa SDN Rampal Celaket 1 Malang sebesar 98,5%. Sehingga dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS