PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENDUKUNGPELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH (MBM)DI SD MAÂ’ARIF JOGOSARI PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

Main Author: MAHARDIANA, ESYA SEPTIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21238/1/jiptummpp-gdl-esyaseptia-42094-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21238/2/jiptummpp-gdl-esyaseptia-42094-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21238/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan otonomi daerah sejak 1 Januari 2001, Departemen Pendidikan Nasioanal terdorong untuk melakukan reorientasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). Adanya otonomi pendidikan merupakan salah satu bentuk dari bagian pelaksanaan otonomi daerah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, untuk itu diperlukan suatu wadah yang dapat mengakomodasikan pandangan, aspiasi dan menggali potensi masyarakat untuk terciptanya demokratisasi, transparansi, dan akuntabilitas pendidikan. Salah satu wadah tersebut adalah dewan pendidikan di tingkat kabupaten/ kota dan komite sekolah/madrasah di tingkat satuan pendidikan. Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) tahun 2004-2004. Sebagai implementasi dari undang-undang tersebut, telah diterbitkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 tentang dewan pendidikan dan komite sekolah. Penelitian ini berfokus pada: (1) Program kerja komite dalam mendukung pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) (2) Upaya komite dalam mengevaluasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, pelaksanaan dan peran komite sekolah dalam mendukung pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah serta upaya komite dalam mengevaluasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).Penelitian ini bertempat di SD MaÂ’arif Jogosari Pandaan Kabupaten Pasuruan, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, serta dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Sumber data: Kepala Sekolah SD MaÂ’arif Jogosari Pandaan, pengurus komite SD MaÂ’arif Jogosari Pandaan, dan anggotanya. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan MBM di SD MaÂ’arif melalui empat komponen, implementasi manajemen kurikulum, implementasi manejemen tenaga pendidikan,manajemen keuangan, dan manejemen hubungan sekolah dengan masyarakat. Program kerja dilaksanakan sesuai dengan bidang masing-masing dan struktural. Peran komite dari empat peran dan tujuh fungsi komite. Selain itu, komite berperan dalam mengevaluasi MBM diantaranya monitoring pelaksanaan program dan evaluasi seperti: (1) rapat evaluasi pengurus komite, (2) mengikuti rapat evaluasibersama pengurus, (3)mengadakan pertemuan wali murid, (4) membantu sekolah dalam pencarian dana pembangunan, sarana prasarana dan beasiswa siswa.