PENGEMBANGAN MEDIA SEPEDA RODA PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD PADA MATERI PECAHAN SENILAI

Main Author: Zhani, Fauzi Rafzan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21236/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika SD umumnya masih bersifat sebagai menyampaikan informasi tanpa melibatkan siswa untuk membangun sendiri pemahamannya. Studi awal yang dilakukan peneliti, diperoleh data bahwa belum digunakannya media dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan, pembelajaran yang diterapkan guru masih menggunakan metode ceramah dan menekankan pada keterampilan prosedural serta minimnya media yang disediakan sekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan media Sepeda Roda Pecahan pada pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar materi pecahan senilai dan (2) untuk mendeskripsikan keefektifan media Sepeda Roda Pecahan. Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang meliputi beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba Produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa setelah penggunan media Sepeda Roda Pecahan dalam kriteria sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil skor total pilihan jawaban ya siswa SDN Druju 02 sebesar 250 dengan persentase tingkat pencapaian 94,69%, dan di SDN Segaran 03 sebesar 213 dengan persentase tingkat pencapaian 96,81%. Selain itu, hasil analisis skor pekerjaan siswa pada saat tes akhir menunjukkan bahwa kelas telah tuntas secara klasikal dan berada dalam kriteria baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis skor pekerjaan siswa di SDN Druju 02 dan SDN Segaran 03, dimana pada SDN Druju 02 terdapat 79,17% siswa yang memperoleh skor minimal 70 dan di SDN Segaran 03 terdapat 80% siswa yang memperoleh skor minimal 70. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produk penelitian dan pengembangan ini dikatakan efektif.