PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA TEMA 1 KELAS IV SD ISLAM MOHAMMAD HATTA MALANG

Main Author: PRATIWI, NIKEN SETIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21230/1/jiptummpp-gdl-nikensetia-42097-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21230/2/jiptummpp-gdl-nikensetia-42097-2-2.babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21230/3/jiptummpp-gdl-nikensetia-42097-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21230/
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Two Stay Two Stray. merupakan dua model pembelajaran yang memiliki kesamaan dan perbedaan karakteristik. Penerapan model pembelajaran di SD Islam Mohammad Hatta Malang belum maksimal dan cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, hal tersebut menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray pada tema 1 kelas IVA dan IVB SD Islam Mohammad Hatta Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Two Stay Two Stray dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 IV SD Islam Mohammad Hatta Malang tahun ajaran 2014/2015 yaitu kelas IVA yang berjumlah 21 siswa dan IVB yang berjumlah 21 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda berjumlah 20 soal pre-tes dan 20 soal post-test yang diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebesar 52,62. Setelah diberikan pembelajaran, terjadi peningkatan rata-rata hingga mencapai 79,05. Sedangkan pada kelompok dengan model pembelajaran tipe two stay two stray memiliki rata-rata nilai sebesar 54,52 sebelum adanya pembelajaran. Setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan rata-rata nilai hingga mencapai 60,50. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar posttest antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe two stay two stray pada tema 1 kelas IVA dan IVB SD Islam Mohammad Hatta Malang, dimana rata-rata nilai hasil belajar kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar kelas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.