1 DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DAN DI KELAS 1 SDN JATIMULYO 1 MALANG

Main Author: NYULANDARI, YEKTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21218/1/jiptummpp-gdl-yektinyula-42102-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21218/2/jiptummpp-gdl-yektinyula-42102-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21218/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tematik ini lebih menekankan siswa untuk lebih aktif. kendala yaitu dari siswanya yang masih kesulitan untuk membaca dan menulis, serta adapula siswa yang masih lambat dalam belajar, kemudian masalah rapor juga masih kesulitan dalam mengolahnya, serta masalah evaluasi pembelajaran yang diharuskan untuk ada dalam akhir dalam pembelajaran tematik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas 1 SDN Jatimulyo 01, Malang. (2) kendala yang dihadapi oleh guru kelas 1 SDN Jatimulyo 01, Malang. (3) Mendiskripsikan solusi perbaikan dalam pembelajaran tematik pada SDN Jatimulyo 01 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yang dilakukan menggunakan deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah guru kelas 01 SDN Jatimulyo 01. Penelitian ini di lakukan pada bulan Agustus 2015. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan kegiatan observasi yang terlampir dalam pembelajaran tersebut yang dilakukan peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 SDN Jatimulyo 1 sudah melakukan apersepsi, kegiatan inti serta penutup. Beberapa dari kegiatan awal hingga penutup diambil kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan serta permasalahan dalam pembelajaran tematik tersebut yaitu ada beberapa kendala di antaranya di lihat dari sebagian siswanya yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, kemudian siswa terlalu ramai ketika pelajaran berlangsung, kemudian dari segi RPP yang digunakan sebagai mengajar terdapat perbedaan dalam menganalisa, kemudian dari segi media yang di gunakan dalam proses pembelajaran berbeda dengan yang ada di dalam RPP.