ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS KELAS III SDN PABIAN 1 KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SUMENEP
Main Author: | AINI, TRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21205/1/jiptummpp-gdl-triaini-42277-1-lembarh-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21205/2/jiptummpp-gdl-triaini-42277-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21205/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS merupakan upaya sekolah untuk menghadapkan peserta didik kepada lingkungan yang konkrit untuk dipelajari, diamati dalam hubungannya dengan proses belajar dan mengajar. Lingkungan merupakan sumber belajar yang paling efektif dan efisien dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan jenis-jenis lingkungan disekitar sekolah yang bisa digunakan sebagai sumber belajar pada kelas III di SDN Pabian I Sumenep (2)Mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan pembelajaran IPS yang menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada kelas III di SDN Pabian I Sumenep (3) Mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPS yang menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada kelas III di SDN Pabian I Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaiman adanya. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 11 peserta didik, 6 laki-laki, 4 perempuan dan guru kelas III SDN Pabian I Sumenep. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar yaitu : Lingkungan belakang sekolah, (2) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran berupa Silabus dan RPP (3) Pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan lingkungan sebagai sumber belajaran terlihat lebih menyenangkan dan memberikan semangat serta antusias peserta didik untuk belajar IPS.