PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN REJOSLAMET II MOJOWARNO JOMBANG
Main Author: | Fitriana, Nur Rohmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21198/1/jiptummpp-gdl-nurrohmahf-42293-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21198/2/jiptummpp-gdl-nurrohmahf-42293-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya nilai siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Rejoslamet II Mojowarno Jombang. Pendidik belum melakukan pembelajaran yang bermakna dan manyenangkan, pendidik hanya melakukan pembelajaran dengan metode konvensional dimana siswa hanya memperoleh informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang ; 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Treu Experimental Desaign dengan desain penelitian Pretest-Postest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ke;as V SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang sebanyak 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonproblability sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunkan wawancara, dokumentasi, uji validitas instrument, reabilitas soal. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata (independent sample T-test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat ditarik kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh positif model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar mata pelajaran IPA kelas V di SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas kontrol yaitu 55,90 sedangkan untuk nilai aktivitas belajar pada kelas eksperimen atau dengan diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukan nilai rata-rata 69,10. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari nilai pretes kelas kontrol yaitu 51,85 dan postes kelas kontrol sebesar 63,3, sehingga menghasilkan selisih perbedaan skor pretes-postes kelas kontrol sebesar 11,45. Sedangkan pada kelas eksperimen nilai pretes 59,55 dengan postes 76,65 dan memperoleh selisih perbedaan skor sebesar 5,56. Jadi perbedaan pretes-postes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang.