ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN MENABUNG OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG PADA BANK BRI

Main Author: EVALIANA, NIKEN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21161/1/jiptummpp-gdl-nikenevali-39255-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21161/2/jiptummpp-gdl-nikenevali-39255-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21161/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keputusan menabung oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang pada Bank BRI selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui sejauh mana loyalitas nasabah khususnya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang terhadap Bank BRI . Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan metode accidental sampling yang dibagikan kepada 110 responden nasabah Bank BRI di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan diukur menggunakan skala Likert dengan 4 penilaian yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju dan juga sangat tidak setuju. Variabel operasional yang digunakan dalam penelitian ini ada 5 yaitu variabel produk, harga, tempat, promosi dan juga kualitas layanan dengan skala indikator 3 – 4 indikator per-variabel. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan juga uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis faktor, dari analisis faktor yang dilakukan variabel produk, harga, tempat, promosi, dan kualitas layanan menghasilkan nilai varian sebesar 49,o84, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelima variabel tersebut diatas hanya mampu mewakili 49,084 % dengan nilai eigenvalue diatas 1faktor yang dipertimbangkan nasabah dalam memilih menabung pada Bank BRI. dari kelima variabel tersebut diatas, variabel yang memiliki nilai loading tertinggi adalah variabel tempat dengan nilai loading 0,803, indikator dari variabel tempat adalah lokasi kantor yang mudah ditemui, daya tarik fisik (interior ruangan), lokasi ATM yang mudah ditemui dan juga fasilias kantor yang lengkap.