ANALISIS PROFITABILITY RATIO DAN MARKET VALUATION RATIO TERHADAP HARGA SAHAM Studi Pada Perusahaan Industri Manufaktur (Food and Beverage) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2013

Main Author: HASANAH, USWATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21149/1/jiptummpp-gdl-uswatulhas-39535-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21149/2/jiptummpp-gdl-uswatulhas-39535-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21149/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitability valuation market ratio terhadap harga saham perusahaan food and beverage yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2008 hingga 2013. Profitability yang digunakan dalam penelitian ini adalah net profit margin. Sedangkan market valuation ratio yang digunakan adalah dividend payout ratio, market to book value. Obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia dan termasuk perusahaan yang selalu membagikan dividen berturut turut periode 2008-2013. Dari hasil sampling terdapat 6 perusahaan yang akan di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel net profit margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel dividend payout ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan sebesar 0.27 terhadap harga. Pengaruh net profit margin berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham. Uji F-test atau uji simultan (bersama-sama) adalah signifikan dengan R2 sebesar 75%.