ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PARKIR DI BADAN JALAN (Studi Kasus: Jalan Zainul Arifin Kota Malang)
Main Author: | PAMUJI, SUGENG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21012/1/42a.pdf http://eprints.umm.ac.id/21012/2/42b.pdf http://eprints.umm.ac.id/21012/ |
Daftar Isi:
- Dari hasil studi analisa ini diperoleh hari sibuk pada hari minggu jam puncak pukul 11.00 – 12.00 dengan volume lalu lintas (Q) = 1589,2 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) = 42,29 km/jam, kapasitas (C) = 2419,56 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,66, kecepatan sesungguhnya = 38 km/jam, dan waktu tempuh (TT) = 15,59 detik pada kondisi eksisting dengan adanya lahan parkir. Setelah dilakukan simulasi dengan meniadakan lahan parkir diperoleh volume lalu lintas (Q) = 1589,2 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) = 50,34 km/jam, kapasitas (C) = 2903,47 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,54, kecepatan sesungguhnya = 40 km/jam, dan waktu tempuh (TT) =14,51 detik. Sedangkan untuk prediksi 5 tahun kedepan diperoleh nilai DS = 0,74 pada tahun 2019. Berdasarkan hasil analisa data dapat kita ketahui bahwa nilai DS = 0,66 ketika adanya parkir badan jalan Zainul Arifin, sedangkan nilai DS = 0,55 ketika parkir tersebut dihilangkan yang berarti dengan adanya parkir tersebut mengakibatkan nilai DS menjadi lebih besar. Berdasarkan nilai DS = 0,66 saat ini tingkat pelayanan kinerja jalan berada pada tingkat pelayanan (D) sesuai Indeks Tingkat Pelayanan yang ada di HCM,2000.