UNSUR AIDA PADA IKLAN POLITIK AUDIO VISUAL CALON PRESIDEN 2014 (Analisis Isi pada Iklan Iklan Kampanye Politik Jokowi_JK Versi bersatu padu pilih No 2, Iklan Kampanye Politik Jokowi_JK Versi Kawan bukan Lawan dan Iklan Kampanye Politik Jokowi_JK Versi Ramadhan)

Main Author: Fadil, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/20998/1/b1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20998/2/b2.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20998/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Berapa banyak frekuensi kemunculan Unsur-Unsur ( Attention (perhatian), Interest, Desire ,Action ) Iklan Politik Audioo Visual Calon Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla 2014 di Situs Youtube. Hal tersebut dikarenakan, jika diperhatikan kampanye politik kini lebih bervariasi bentuknya, namun yang terus menjadi perhatian publik adalah kampanye politik melalui media Iklan. Iklan kampanye politik yang mulai muncul diawal tahun untuk memenangkan dua Calon Presiden 2014 ini kemudian terlihat diplomatis, beberapa Versi justru menghilangkan esensi penting ilmu periklanan dimedia massa. Sisi politik lebih kental terlihat dan merujuk pada saling tuding isu Calon Presiden satu sama lainnya. Terbukti, kekuatan iklan politik Calon Presiden di media bukan terletak pada gagasan, program, atau soliditas informasi kebijakan yang terkait langsung dengan kebutuhan dasar rakyat. Atas dasar latar belakang tersebut kemudian dibuatlah sebuah rumusan masalah Berapa banyak frekuensi kemunculan Unsur-Unsur ( Attention (perhatian), Interest, Desire ,Action ) Iklan Politik Audioo Visual Calon Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla 2014 di Situs Youtube? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi. Melalui metode penelitian analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif di mana data yang diperoleh berasal dari mengamati Iklan Kampanye Politik (AV) dalam tiga versi dan kemudian di analisis sesuai struktur kategori yang telah ditentukan yang merujuk pada unsur Iklan . Unit Analisis dalam penelitian ini adalah 96 Shot dalam Iklan Kampanye politik Jokowi_JK. Satuan ukur dari penelitian ini adalah frekuensi kemunculan unsur-unsur Iklan (AIDA) yang terdapat dalam masing-masing Shot pada Iklan Kampanye politik Jokowi_JK. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Holsty Dari data ketiga versi iklan tersebut unsur Iklan (Aida) yang frekuensi kemunculannya paling banyak adalah (Action) dimana dari 96 Shot yang terkoding, terdapat 18 Shot yang di sepakati atau bisa diprosentasikan dalam Persen sebanyak 18%. Demikian dengan unsur Iklan lainnya yakni masing-masing sebagai berikut (Atention) 4 Shot atau bisa diprosentasekan 4%. Kemudian unsur interest sebanyak 8 Shot aatu diprosentsekan dalam persen sejumlah 8%. Sedangakn untuk Unsur desire dispekati oleh peneliti, koder 1 dan 2 tidak terdapat satu Shot pun atau 0%. Setelah melakukan pengkodingan dari total 96 Shot pada Iklan Kampanye politik Jokowi_JK, hasil yang didapatkan dihitung menggunakan rumus Holsty untuk mendapatkan reliabilitas dari kategori yang telah dibuat. Formula Holsty ini digunakan untuk mengukur seberapa besar tingkat reliabilitas antar koder dengan alat ukur yang telah disediakan. Hasil yang kemudian didapat setelah dilakukan pengkodingan dinyatakan bahwa data dalam iklan kampanye politik ini adalah raliabel, karna telah melampaui angka 0,75. Dengan data penelitian sebagai berikut : Data pertama yang di ambil dari peneliti dengan koder 1 menunjukkan angka (CR) 0,93 kemudian di uji kembali berdasarkan Expected Agreement peneliti dan koder 1 berhasil menunjukkan realiebelitas (Pi) diangka 0,91. Sedangkan untuk Data kedua yakni data yang diambil dari peneliti dengan koder 2 juga menunjukkan realibelitas (CR) diangka 0,96. sama dengan data pertama, data kedua juga kemudian diuji kembali berdasar Expected Agreement dengan realibeltas (Pi) diangka 0,95.