PENINGKATAN RETENSI BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI 18 MALANG
Main Author: | JUNIARSIH, QURRHATA AÂ’YUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/20853/1/12a.pdf http://eprints.umm.ac.id/20853/2/12b.pdf http://eprints.umm.ac.id/20853/ |
Daftar Isi:
- Retensi belajar dapat dijadikan indikator bermutunya hasil belajar atau pembelajaran. Belajar tidak hanya diukur dari penguasaan konsep saja melainkan apakah konsep-konsep yang diajarkan dapat lekat dalam ingatan siswa ataukah cepat terlupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Discovery Learning dan Team Games Tournament (TGT) serta peningkatan retensi belajar melalui penerapan Discovery Learning dan Team Games Tournament (TGT) pada materi klasifikasi makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan retensi belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 18 Malang. Retensi belajar pada siklus 1 diperoleh datapresentase tes pertama 28,12% yaitu ada 9 siswa yang nilainya > 75 kemudian meningkat di tes kedua dengan presentase 43,75% yaitu ada 14 siswa yang nilainya tidak mengalami penurunan dari nilai tes pertama dan mencapai KKM yaitu > 75.Sedangkan retensi belajar pada siklus 2 diperoleh data presentase tes pertama 56,25% yaitu ada 18 siswa yang nilainya > 75 kemudian meningkat di tes kedua dengan presentase 78,12% yaitu ada 25 siswa yang nilainya tidak mengalami penurunan dari nilai tes pertama dan mencapai KKM yaitu > 75. Berdasarkan data hasil tes kedua pada siklus 1 dan 2, retensi belajar siswa meningkat dari 43,75% pada siklus 1 menjadi 78,12% pada siklus 2 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 34,37%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan Discovery Learning dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan retensi belajar.