PENGARUH MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN VIRUS KELAS X IPA SMA NEGERI 4 PASURUAN

Main Author: KUSUMA, PRANOTO SAKTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/20844/1/3a.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20844/2/3b.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20844/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan. TIK digunakan dalam Biologi sebagai alat komunikasi dalam menjelaskan sebuah proses yang tidak teramati. Pembelajaran biologi memerlukan alat bantu (media) untuk menjelaskan pelajaran biologi yang bersifat abstrak kepada siswa. Macromedia flash merupakan program animasi berbasis vector dan dipergunakan untuk membuat animasi objek dan teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar siswa dan penggunaan media macromedia flash pada pembelajaran pokok bahasan virus kelas x IPA SMA Negeri 4 Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment).Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan macromedia flash digunakan untuk memperlihatkan morfologi virus, menampilkan materi, dan menjelaskan replikasi virus. Pada kelas X IPA I hasil belajar siswa rata-rata 70,88 dari 34 siswa. Setelah diuji t berpasangan dengan taraf signifikan 95% menyatakan bahwa terdapat pengaruh media macromedia terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan virus