PENGEMBANGAN WISATA PETIK APEL BERBASIS KEPUASAN KONSUMEN ( Studi Kasus di Kusuma Agrowisata, Kota Batu)

Main Author: Azizah, Rohmanita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/20746/1/e1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20746/2/e2.pdf
http://eprints.umm.ac.id/20746/
Daftar Isi:
  • Agrowisata merupakan salah satu jenis wisata yang menggabungkan usaha di bidang pertanian dengan usaha di bidang pariwisata. Kusuma Agrowisata merupakan salah satu obyek wisata agro yang sudah lama dikenal oleh masyarakat umum, oleh karena itu diperlukan strategi yang dapat mempertahankan para konsumennya. Hal ini penting dilakukan karena Kusuma Agrowisata merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana kepuasan pengunjung atau konsumen merupakan tolak ukur yang penting dalam keberlangsungan usahanya. Berdasarkan konsep tersebut tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan menganalisis strategi pengembangan wisata petik apel di Kusuma Agrowisata berbasis kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu data primer didapat dari kuesioner, observasi, dan wawancara. Data sekunder didapat dari dokumentasi perusahaan dan kajian pustaka. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini secara Accidental Sampling dengan jumlah sampel yang akan diambil sebesar 36 responden. Metode analisis data menggunakan Customer Satisfaction Indexs(CSI) merupakan metode untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen berdasarkan atribut dari beberapa indikator yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan harga.Analisis SWOTsebagai alat bantu untuk identifikasi faktor internal dan eksternal dalam penyusunan strategi pengembangan kepuasan konsumen. Berdasarkanhasil perhitungan, nilai Customer Satisfaction Indexs (CSI) adalah sebesar 71%, nilai tersebut menunjukkan bahwa pengunjung sudah merasa puas dengan pelayanan wisata petik apel di Kusuma Agrowisata. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai strategi pengembangan kepuasan konsumen yaitu yang mencangkup kualitas SDM, operasional, dan promos