ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENGADAAN DAN PENYALURAN PERSEDIAAN OBAT SERTA PERALATAN MEDIS PADA RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | Kurniawan, Ardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/20731/1/34a.pdf http://eprints.umm.ac.id/20731/2/34b.pdf http://eprints.umm.ac.id/20731/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang dengan judul “Analisis Sistem Informasi Akuntansi atas Pengadaan dan Penyaluran Persediaan Obat serta Peralatan Medis pada Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem informasi akuntansi atas pengadaan dan penyaluran persediaan obat serta peralatan medis pada Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang sudah berjalan dengan baik atau belum. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara Menganalisis input yaitu dokumen dan formulir yang digunakan dalam pengadaan dan penyaluran obat serta peralatan medis. Menganalisis proses yaitu dengan cara mengidentifikasi otorisasi pihak yang bertanggung jawab yang terkait dengan prosedur pengadaan dan penyaluran obat serta peralatan medis. Menganalisis output yaitu laporan persediaan. Menganalisis keefektifan sistem informasi akuntansi dengan cara menganalisis kepatuhan prosedur dan memeriksa kelengkapan informasi serta mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa Pada analisis input, formulir yang digunakan dalam pengadaan dan penyaluran persediaan obat serta peralatan medis sudah dilaksanakan dengan baik, karena sudah diotorisasi, bernomor urut tercetak secara komputerisasi, dan telah dibuat rangkap sehingga penggunaanya dapat dipertanggungjawabkan. Pada analisis proses, setiap transaksi pembelian obat dan peralatan medis bagian fungsi akuntansi telah melakukan otorisasi pada bukti permintaan pembelian yang sebelumnya telah dilakukan pegecekan antara kartu stock manual dan secara komputerisasi, sehingga barang yang dipesan merupakan barang yang benar-benar dibutuhkan. Pada analisis output, laporan stock akhir barang sudah memadai karena dilakukan secara komputerisasi, mulai dari tahap secara manual hingga terkomputerisasi. Sehingga laporan stok akhir barang sudah dapat memberikan informasi yang relevan. Dari analisis sistem informasi akuntansi atas pengadaan dan penyaluran persediaan obat serta peralatan medis di Rumah Sakit UMM secara umum sistem yang telah diterapkan telah menghasilkan informasi yang memadai karena sudah mencangkup siklus pemprosesan transaksi, pengunaan teknologi, pemisahan tanggungjawab, tugas dan wewenang, akan tetapi masih ada kelemahan-kelemahan yaitu terdapat perangkapan tugas antara bagian penerimaan barang dan bagian penyimpanan. Kedua kegiatan ini dilakukan oleh satu bagian saja. dikarenakan kekurangan karyawan di bagian penyimpanan tersebut, sehingga hal ini kurang berjalan dengan maksimal. Selain itu juga dalam penggunaan sistem informasi akuntansi dirumah sakit masih belum sempurna karena masih belum membuat flowchart pada dasarnya dengan pengunaan flowchart akan memudahkan rumah sakit dalam melakukan pekerjaannya lebih efektif dan efisien.