PENGARUH STRUCTURAL ASSURANCE PADA SISTEM E-COMMERCE TERHADAP KEINGINAN BERTRANSAKSI ONLINE
Main Author: | Bakhar, Ferial |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/20596/1/jiptummpp-gdl-ferialbakh-38951-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/20596/2/jiptummpp-gdl-ferialbakh-38951-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/20596/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh structural assurance (SA) terhadap keinginan bertransaksi online pada sistem e-commerce. Structural Assurance (SA) yang diuji dalam penelitian ini adalah data privasi informasi, pengalaman pelayanan, jaminan keamanan, kepercayaan produk diterima, kepercayaan tanggung jawab merek yang merupakan variabel bentukan dari hasil analisis komponen utama seluruh item pertanyaan maupun pernyataan variabel independen, dimulai dari privasi, keamanan, pengalaman, kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode proportionate stratified random sampling untuk menentukan sampel, sejumlah 100 sampel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua persamaan regresi, secara simultan regresi pertama variabel bentukan tersebut berpengaruh signifikan terhadap keinginan pembelian kembali. Sedangkan secara parsial, variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap pembelian kembali hanya data privasi informasi dan kepercayaan produk diterima. Hasil penelitian pada regresi kedua variabel bentukan tersebut secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap jaminan transaksi. Sedangkan secara parsial, variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap jaminan transaksi hanya pengalaman pelayanan dan kepercayaan tanggung jawab merek. Variabel bentukan independen jaminan keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian kembali maupun jaminan transaksi. Dari hasil analisis tersebut maka terdapat pengaruh secara empiris dari data privasi informasi seperti data tidak digunakan untuk hal yang salah dan kepercayaan produk diterima terhadap keinginan pembelian kembali serta terdapat pengaruh secara empiris dari pengalaman pelayanan seperti keluhan maupun respon pertanyaan dan kepercayaan tanggung jawab merek terhadap jaminan transaksi.