ANALISIS PRAKTIK PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE IDENTITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Pada Perbankan Syariah di Indonesia)
Main Author: | PRATIWI, NURINA AULIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/20594/1/j1.pdf http://eprints.umm.ac.id/20594/2/j2.pdf http://eprints.umm.ac.id/20594/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian praktik pengungkapan pada laporan tahunan bank umum syariah di Indonesia terhadap standar pelaporan ideal yang mencerminkan Islamic Corporate Identity. Objek penelitian ini adalah sepuluh bank umum syariah Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan checklist yang menilai lima tema dan delapan dimensi yang secara ideal seharusnya diungkapkan dalam laporan tahunan bank syariah. Hasil penilaian kemudian dituangkan dalam indeks EII (ethical identity index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tema nilai dan filosofi yang mendasari yang memiliki nilai EII tinggi yaitu Bank Panin, BMI, BNI, Bukopin dan Mega Syariah yang mendapat nilai rata-rata EII sebesar 82%. Pada tema bebas bunga dan diperkenankan Islam yang mendapat nilai EII tinggi yaitu BSM, BNI, BMI dan Maybank yang mendapat nilai rata-rata EII sebesar 67%. Pada tema fokus pada pengembangan dan tujuan sosial, yang mendapat nilai rata-rata EII tinggi yaitu BSM (80%), BMI (74%) dan BNI (74%). Pada tema Dewan Pengawas Syariah, yang mendapat nilai EII tinggi yaitu BMI (79%), BSM (73%) dan BNI (66%).