Gambaran Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Autis dan Cara Berkomunikasi Pada Autis di Tempat Pelatihan Autisme Dan Anak Dengan Kebutuhan Khusus RSI UNISMA
Main Author: | Umami, Rifqotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/18996/ |
Daftar Isi:
- Autisme adalah gangguan perkembangan pada anak yang berakibat tidak dapat berkomunikasi dan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dengan orang lain terganggu, karena anak autis mengalami gangguan perkembangan, kemampuan berbahasa bisa diterapkan dan dilatih. Salah satu ciri-ciri anak autis adalah perkembangan bicara dan bahasa yang tidak normal, Keluhan utama dari orang tua yang memiliki anak dengan ciri-ciri autistik keterlambatan bicara atau bahkan belum bicara sama sekali. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan orang tua tentang autis dan cara berkomunikasi pada anak autis.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana dalam pengambilan sampelnya menggunakan non random sampling yaitu menggunakan purposive sampling. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan orang tua dalam mengetahui tentang pengertian autis dan penyebabnya adalah sangata baik (92.30%), tingkat pengatahuan orang tua tentang ciri-ciri autis dan tahapan komunikasi pada anak autis adalah baik (53.84%), tingkat pengetahuan orang tua tentang cara komunikasi verbal dan non verbal adalah sangat baik (53.84%). Kesimpulan dalam penelitian adalah gambaran tingkat pengetahuan orang tua tentang autis dan cara berkomunikasi pada anak autis tahun 2007 adalah sangat baik. Dengan pengetahuan yang angat baik ini hendaknya dipertahankan, dan mungkin ditingkatkan lagi dengan cara membeli buku-buku tentang autis, mencari informasi diinternet untuk menambah pengatahuan lagi.