IDENTIFIKASI PERAN ORANG TUA PADA ANAK YANG BERMAIN PLAY STATION (PS)(STUDI KASUS PADA ORANG TUA SISWA DI SD NEGERI PERCOBAAN I KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Main Author: SULISTYOWATI, ERNA
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/18987/
Daftar Isi:
  • Play station (PS) adalah komputer games yang merupakan suatu permainan yang bersifat soliter atau menyendiri (tak ada teman lain yang terlibat dalam permainan ini). Permainan ini memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah merangsang kemampuan kognitif anak dan ketrampilan koordinasi organ tubuh anak. Sedangkan dampak negatif diantaranya adalah berpengaruh pada kesehatan fisik, sosial, psikologis, kognitif dan kreativitas anak. Sehingga kurangnya peran orang tua pada anak yang bermain Play Station (PS) sangat dipengaruhi oleh peningkatan kesibukan orang tua dalam pekerjaan. Usaha untuk meningkatkan peran orang tua perlu didorong dan ditinjau ulang. Penelitian ini untuk mengevaluasi tingkat peranan orang tua dalam bermain Play Station (PS). Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dan teknik pengambilan sampel secara non random sampling dengan sistem purposive sampling, 92 orang tua dari siswa laki-laki yang berusia 7-12 tahun dan suka bermain Play Station (PS) dijadikan sampel dalam penelitian ini. Tingkat peranan orang tua diukur dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan oleh peneliti. Lokasi penelitian ini di Sekolah Dasar Negeri Percobaan I Kecamatan Lowokwaru Malang. Hasil : Hasil menunjukkan bahwa peran orang tua pada anak usia 7-12 tahun yang bermain Play Station (PS) di Sekolah Dasar Negeri Percobaan I Kecamatan Lowokwaru Malang sebagian besar (56 %) responden memiliki peran baik. Untuk prosentase peran orang tua sebagai motivator (41 %) responden memiliki peran cukup baik, pengawas(37 %) responden memiliki peran tidak baik, pengatur(67 %) responden memiliki peran baik, pendidik(59 %) responden memiliki peran baik, dan pelindung(53 %) responden memiliki peran cukup baik. Kesimpulan dan rekomendasi : Peran orang tua pada anak yang bermain Play Station (PS) Di SD Negeri Percobaan I Kecamatan Lowokwaru Malang sudah baik sehingga perlu dilakukan penelitian kembali tentang hubungan antara peran orang tua pada anak dalam kegiatan bermain Play Station (PS) terhadap proses tumbuh kembang anak baik perkembangan Sensorimotor, Intelektual, Sosialisasi dan Moral, Kreativitas, Kesadaran Diri dan Nilai Terapeutik.